Pencairan Madu dengan Ultrasonication

Madu Solo dihargai di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan efek positifnya bagi kesehatan manusia. Produk alami terdiri dari madu, glukosa, fruktosa, air, maltosa, trisakcherida dan karbohidrat lainnya, sukrosa, mineral, protein, asam organik, vitamin, serta enzim, ragi, dan mikroorganisme tahan panas lainnya.

Komponen yang tidak diinginkan dalam madu adalah ragi tahan suhu dan mikroorganisme lainnya. Mereka bertanggung jawab atas penghancuran madu selama penyimpanan. Tingkat ragi yang tinggi menyebabkan fermentasi madu yang cepat. Selain itu, kandungan air mempengaruhi laju fermentasi madu. Jika kandungan cairan dikurangi menjadi 17%, perlambatan aktivitas ragi dapat diukur. Namun, dengan penurunan kadar air, kemungkinan kristalisasi semakin meningkat.

Ketika madu adalah larutan gula jenuh, itu mengkristal secara alami. Hal ini terjadi bila kadar gula melebihi 70% dan kadar air kurang lebih 18%. Kemudian glukosa mengendap secara spontan dari keadaan jenuh, dan dengan hilangnya air, keadaan jenuh glukosa yang lebih stabil dihasilkan. Ini membentuk dua fase: fase cair di atas dan fase kristal di bawah. Sehingga tercipta madu dalam keadaan setengah padat. Hal ini mengurangi kelancaran aliran madu dan merupakan masalah serius dalam pemasaran madu.

Manfaat madu fakta kesehatan dapat menghancurkan unsur-unsur yang tidak diinginkan, seperti kristal dan sel ragi, tanpa mengurangi kualitas madu. Ultrasonografi merupakan alternatif yang efektif untuk perawatan termal. Jika madu dipanaskan hingga mencairkan kristal, mengurangi kandungan air, dan menghancurkan jamur, hal ini juga menyebabkan penurunan kualitasnya. Melalui pemanasan, hydroxylmethylfurfural (HMF) meningkat secara signifikan. Nilai maksimum HMF yang diizinkan adalah 40mg / kg. Efek merugikan lainnya dari perawatan termal adalah pencoklatan warna madu alami dan penurunan aktivitas enzim, sehingga mengurangi kualitas sensorik madu.

Ultrasonografi menghancurkan sel ragi, menghilangkan kristal dan mencegah kristalisasi lebih lanjut dalam madu. Dalam uji coba, keadaan cair dari madu yang diberi ultrasound stabil selama kurang lebih 350 hari (+ 20% lebih banyak dibandingkan dengan perlakuan termal). Karena madu selama sonikasi terkena pemanasan minimal, pencairan ultrasonik menghasilkan retensi aroma dan rasa yang lebih besar. Sampel yang disonikasi hanya menunjukkan peningkatan HMF yang rendah dan penurunan aktivitas diastase yang rendah.

Dibandingkan dengan pemanasan, keuntungan sonikasi didasarkan pada perawatan madu yang lembut. Berbeda dengan perlakuan termal, dengan perlakuan ultrasonik kualitas madu tidak akan terpengaruh secara negatif.

Jenis madu yang berbeda memerlukan intensitas dan waktu sonikasi yang spesifik. Untuk alasan ini, pelaksanaan uji coba menggunakan sistem sonikasi ukuran atas bangku direkomendasikan. Uji pendahuluan harus dilakukan dalam mode batch, sedangkan uji coba pemrosesan lebih lanjut memerlukan sel aliran untuk resirkulasi bertekanan atau pengujian in-line.

Hielscher Ultrasonics memasok perangkat ultrasonik inovatif di seluruh dunia mulai dari penghomogen laboratorium hingga reaktor pemrosesan industri. Aplikasi umum termasuk, pencampuran dan homogenisasi, disintegrasi dan sonokimia.

Random Posts

  • Kebijakan Pajak Populer

    Pentingnya administrasi yang baik telah lama terlihat jelas bagi mereka yang peduli dengan kebijakan pajak di Albania seperti halnya ketiadaan […]

  • Cara Menjual Billboard Ground Harap Kepada Pesaing

    Ada beberapa rencana bisnis yang menguntungkan seperti mendapatkan dan menjual hak guna dan izin papan reklame kepada pesaing. Risiko finansial hampir […]

  • Sablon untuk Pemula

    Kaos polos terlihat rapi dan berkelas tetapi kurang menarik dan membosankan. Jika kamu sudah bosan memakai kaos yang sama kusam dan […]

  • Kompetensi seorang Pemimpin

    Salah satu ciri pemimpin yang baik adalah kompetensi. Sistem kepemimpinan yang kurang dalam aspek ini mungkin tidak berorientasi pada hasil. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*